Perantau Minta Perbaikan Jalan, Bangun Sinergi Ranah dan Rantau

9
PERTEMUAN: Bupati Tanahdatar Eka Putra silaturahmi dengan pengurus IKTD, IKMR Kota Dumai.(IST)

Meski berada di perantauan,  namun para perantau tetap memperhatikan kondisi kampung halaman. Termasuk kondisi jalan yang rusak parah di bebebrapa kawasan yang ada di Tanahdatar. Oleh karena itu,  para perantau berharap agar Pemkab Tanahdatar bisa mengatasi hal tersebut.

Permintaan itu diadukan langsung oleh perwakilan Ikatan Keluarga Tanahdatar (IKTD) Dumai saat  kunjungan silaturrahmi Bupati Tanahdatar Eka Putra dan rombongan ke Dumai. Bupati yang melakukan penyeberangan dari Batam-Dumai disambut antusias warga perantauan IKTD Kota Dumai.

Eka Putra langsung disambut Ketua Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR) Kota Dumai Amrizal, Ketua Ikatan Keluarga Tanahdatar (IKTD) Kota Dumai Yuhandri, Niniak Mamak Syaiful Amri Dt. Domo, dan segenap pengurus IKTD dan Bundo Kanduang IKTD Kota Dumai,  di Pelabuhan Laut Domestik Kota Dumai.

Saat pertemuan dengan IKTD Kota Dumai di Rumah Makan Dedi Datuak, Ketua IKMR Amrizal menyampaikan aspirasi perantau Dumai dengan harapan agar Kampung Halaman Tanahdatar bisa lebih baik lagi ke depan.

Pada kesempatan itu Amrizal atas nama perantau juga minta pemerintah daerah untuk memperbaiki beberapa ruas jalan di kabupaten yang kondisinya saat ini ada yang rusak.

Hal senada juga disampaikan Ketua IKTD Kota Dumai Yuhandri  dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada bupati yang telah berkenan mengunjungi warga di perantauan serta pemerintah daerah yang telah memfasilitasi hubungan ranah dengan rantau ini.

Baca Juga:  Munas Gebu Minang VII, Kerajinan UMKM Padangpanjang Diminati Perantau

Sementara itu, bupati menyampaikan, sebelumnya juga telah melakukan pertemuan dengan ikatan kekeluargaan di Kota Batam, dengan IKLB, IKTD Kota Batam. Dikatakan bupati, kunjungan ini juga sebagai upaya merajut tali kasih dengan perantau, namun karena kondisi wabah covid-19 menyebabkan semua kegiatan terhambat.

“Saat ini pandemi Covid-19 masih mewabah dan itu juga berdampak pada perekonomian warga di perantauan. Hal tersebut tentu juga menjadi perhatian kita bersama, saya juga berharap warga rantau tetap semangat dan punya komitmen bangkit bersama dengan selalu menjaga kekompakan,” ujarnya.

Pemerintah daerah dan masyarakat di ranah terus mendoakan dan memberi motivasi sanak di rantau untuk terus bersemangat. Bukan berarti pandemi Covid-19 tidak bisa berusaha, yang harus diingat kesehatan itu penting untuk itu terus patuhi protokol kesehatan.

Bupati juga akui kekompakan warga di rantau. “Mari kita terus tingkatkan hubungan silaturahmi sesama warga di rantau, maupun dengan ranah di kampung. Mari saling membantu satu sama lain. Mari dukung pembangunan di daerah dan juga sama-sama membangun kampung halaman, karena kontribusi para perantau sangat dibutuhkan untuk percepatan pembangunan,” ujarnya.

Eka Putra juga menyampaikan berbagi program unggulan yang sudah dituangkan dalam RPJMD dan akan direalisasikan pada tahun 2022 mendatang. (stg)