TSR Pemprov Sumbar, Produksi Beras Tanahdatar Paling Tinggi

3

Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy menilai Tanahdatar termasuk kabupaten yang cukup sejahtera. Salah satunya memiliki indeks pembangunan manusia (IPM) yang cukup tinggi, pertumbuhan ekonomi cukup baik dan tingkat kemiskinannya rendah.

Pemkab Tanahdatar banyak membangun program inovatif dan programnya yang kreatif untuk menggerakkan ekonomi masyarakat.

“Hari ini salah contoh di depan masjid, masyarakat membangun tempat berbelanja dalam bentuk kreatifitas membangun pasar kuliner,” kata Audy Joinaldy saat memberi sambutan safari ramadhan di Masjid Lillah Jorong Subarang, Nagari Batipuh Ateh, Kecamatan Batipuh, Tanahdatar, Rabu (20/4/2022).

Selain itu Wakil Gubernur Audy juga mengatakan bahwa Tanahdatar merupakan produsen beras nomor satu di Sumbar di atas Kabupaten Solok, jadi memang banyak peluang ditumpangkan di Tanahdatar.

“Terutama di bidang hortikultura cukup luar biasa, belum lagi pariwisatanya sebanyak 26 pariwisata yang terdaftar dan baru tiga mendapat salah satunya Nagari Sumpua di Kecamatan Batipuah Selatan, masuk 50 besar anugerah desa wisata Indonesia 2021,” ujar Audy.

Menurutnya, hal tersebut memang menunjukkan bahwa Tanahdatar memiliki potensi di bidang pariwisata, alamnya bagus,  termasuk rumah-rumah dan jalannya pun bagus dibandingkan daerah lain.

Baca Juga:  Bajak Gratis

“Untuk pada malam ini kita membawa beberapa OPD dari Pemprov Sumbar mungkin apa yang bisa dikolaborasikan bersama di berbagai bidang mungkin bisa di bidang perikanan atau peternakan,” ungkapnya.

Wakil Gubernur juga menyerahkan bantuan kepada pengurus Masjid Lillah sebanyak Rp50 juta, semoga bantuan ini dapat dipergunakan semestinya.

Sementara itu, Sekdakab Tanahdatar Igbal Ramadi Payana mengucapkan selamat datang kepada Wagub beserta Tim Safari Ramadhan Pemprov Sumbar atas kunjungannya di Nagari Batipuh Ateh, di masjid Lillah di Jorong Subarang.

“Karena sejak tadi siang bapak wakil gubernur telah menghadiri beberapa rangkaian kegiatan di Tanahdatar termasuk kegiatan safari ramadhan, semoga acara ini bisa menjalin silaturahmi antara pemerintah provinsi dengan pemerintahan kabupaten dan juga masyarakat Tanahdatar,” katanya.

Igbal Ramadi Payana juga berharap pertemuan malam ini dapat menyerap aspirasi dan informasi permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat agar dapat mengevaluasi bagi Pemkab Tanahdatar.

“Untuk mengsinkronisasikan bidang kelanjutan pembangunan, sehingga dapat saling menjalin komunikasi yang baik antara Pemerintah Tanahdatar dengan pemerintah provinsi dan menjadi sebagai acuan bagi pembangunan Tanahdatar ke depan,” harapnya.(*)