Pulihkan Ekonomi Salimpaung Via BUMNag dan Digitalisasi

29
PAPARKAN: Tim pengabdian masyarakat Jurusan Ilmu Administrasi Negara Universitas Negeri Padang (UNP) memaparkan materi di Nagari Salimpaung, Tanahdatar, kemarin (20/6).(IST)

Nagari Salimpaung, Kabupaten Tanahdatar menjadi tuan rumah pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dari Jurusan Ilmu Administrasi Negara Universitas Negeri Padang (UNP), kemarin (20/6). Kali ini, pengabdian ini bertajuk “Pengelolaan BUMNag dan pemanfaatan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) berbasis digital”.

Pengabdian ini melibatkan tim dosen pengabdian terdiri dari Artha Dini Akmal SAp MPA, Yuliarti SE ME, Rahmadhona Fitri Helmi SAp MPM. Lalu, Iip Permana ST MT, Hidayatul Fajri SApMPA, Yulia Hanoselina SAP MAP, dan Pratiwi Nurhabibi SSos MSi

Dessy Trikorina staf ahli Bupati Kabupaten Tanahdatar bidang ekonomi pembangunan dan keuangan mengapresiasi pelaksanaan kegiatan hari ini. Saat ini, Pemkab Tanahdatar sedang berupaya membangun kolaborasi dengan pihak perguruan tinggi untuk membuat program-program kerja sama di nagari.

Dari pihak UNP sendiri, kegiatan dihadiri Sekretaris LPPM UNP Dr Anton Komaini SSi MPd. “Tahun ini UNP mendanai sebanyak 380 judul pengabdian kepada masyarakat yang tersebar di seluruh wilayah Sumbar,” kata dia.

Dia berharap, Pemkab Tanahdatar memberikan data dan analisis kebutuhan masing-masing nagarinya yang nanti dapat diolah oleh UNP untuk dijadikan prioritas dalam kegiatan pengabdian ke depannya.

Baca Juga:  Bajak Gratis

Kegiatan diisi dengan pemaparan dari dua narasumber masing-masing, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan, Keluarga Berencana (PMDPPKB) Kabupaten Tanahdatar, Narti SS.

Menurut dia, dari 73 BUMNag yang tersebar di Kabupaten Tanahdatar, hanya 7 nagari yang sudah memiliki legalitas badan hukum. Dia mendorong agar BUMNag Duo Baleh Suku Nagari Salimpaung segera menyelesaikan pengurusan legalitas badan hukumnya.

Berikutnya, Siti Sa’adiah AmdKom dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tanahdatar memberikan materi terkait aplikasi SIANA (Sistem Administrasi Nagari). “Aplikasi ini berbasis android yang nantinya dapat didownload di playstore” terangnya. Lewat penggunaan aplikasi ini masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor wali nagari untuk mengurus surat menyurat. (cr4)