Jembatan Lama Hanyut, Warga Jorong Baringin Butuh Jembatan Baru

8
PEMBANGUNAN: Warga di Jorong Baringin, Nagari Taluk butuh jembatan untuk akses ke kebun dan sawah.(IST)

Masyarakat di Jorong Baringin, Nagari Taluk, Kecamatan Lintaubuo membutuhkan jembatan penghubung setelah jembatan lama yang melintasi Batang Sinamar itu hanyut terbawa arus beberapa tahun lalu.

Jembatan di Tapian Kelambu itu sebelumnya dipergunakan warga setempat dan sekitarnya sebagai penghubung ke seberang di mana terdapat kebun dan sawah milik warga. Sejak hanyut, warga terpaksa menyeberangi aliran Batang Sinamar dengan berjalan kaki di dalam aliran sungai.

Menanggapi keluhan warga itu, Bupati Tanahdatar Eka Putra meninjau langsung lokasi bekas jembatan Tapian Kelambu, Jorong Baringin, Nagari Taluk Kecamatan Lintaubuo.

“Pembangunan jembatan ini masuk usulan prioritas pertama dari Kecamatan Lintaubuo, mudah-mudahan bisa terealisasi tahun 2022,” ucap Bupati Eka Putra yang didampingi Kabag Humas dan Protokol Yusrizal, Kabid Fisik Prasarana Irwan, Kabid Bina Marga Refdizalis dan Camat Lintaubuo Agusril.


Menurutnya, pembangunan jembatan ini bersifat strategis untuk menunjang ekonomi masyarakat, tidak hanya Nagari Taluk tetapi nagari-nagari lain di Kecamatan Lintaubuo.

“Roda ekonomi akan lebih menggeliat lagi, karena dampak putusnya jembatan, banyak sawah yang tidak tergarap, kebun karet dan potensi lain yang tidak produktif, karena masyarakat harus menempuh jalan lebih jauh, melewati jembatan Kotopanjang atau lewat Kumani Sijunjung,” terangnya. (stg)