AHY Ajak Bangun SDM Sambut Indonesia Emas

12
BANGUN SDM: Agus Harimurti Yudhoyono memberikan kuliah umum di Gedung Indojalito, Batusangkar, Rabu (23/3).(IST)

Direktur Eksekutif the Yudhoyono Institute Agus Harimurti Yudhoyono atau yang biasa disapa AHY memberikan kuliah umum di Gedung Indojalito,  Batusangkar,  Rabu (23/3).

Saat kuliah umum itu, AHY menegaskan agar adanya persiapan sumber daya manusia (SDM) dalam menyambut Indonesia Emas pada tahun 2045 mendatang.

“Indonesia negara yang sangat besar, untuk itu disemua sektor kita harus kuat. Tantangan hari ini penuh dengan ketidakpastian, untuk itu kita harus cerdas dalam menyikapinya. Kita bangsa yang besar, untuk itu kita juga harus punya mimpi yang besar pula,” ujarnya didepan para peserta kuliah umum.

Lebih lanjut, AHY juga menyampaikan mengapa mempersiapkan diri dari sekarang untuk menyongsong tahun 2045 itu menjadi sangat penting.

“Ke depan seluruh negara akan memperebutkan berbagai sumber kehidupan, semuanya akan berebut sumber energi, air bersih, sumber mineral, ekonomi dan yang lainnya, kalau kita tidak mempersiapkan SDM dari sekarang sudah bisa dipastikan kita akan menjadi bangsa pecundang walaupun itu di negara kita sendiri,” terang AHY.

AHY juga menyinggung masalah kemajuan teknologi yang semakin canggih, bahkan diperkirakan akan mempengaruhi serapan tenaga manusia karena akan digantikan dengan robot, walau tidak semuanya bisa digantikan oleh robot namun itu tetap akan mempengaruhi serapan tenaga kerja.

“Untuk itu, mari kita siapkan diri dengan keterampilan, jadilah patriot yang unggul dan berkarakter karena generasi muda saat ini adalah pemimpin di masa depan. Jangan pernah berhenti belajar, belajar tidak hanya ada didalam kelas, teruslah belajar dimanapun berada, karena masyarakat mMinang terkenal dengan masyarakatnya yang cerdas,” ujar AHY memberikan motivasi.

Kuliah umum yang digelar di Gedung Nasional Maharajo Dirajo Batusangkar itu diikuti oleh sekitar 500 orang peserta yang berasal dari perwakilan siswa SMA sederajat Kabupaten Tanahdatar, mahasiswa, unsur pemuda nagari Tanahdatar juga perwakilan organisasi kepemudaan yang ada.

AHY dalam kuliah umum menyampaikan tujuan utama kedatangannya bersama tim kali ini ke Sumatera Barat untuk memberikan bantuan sosial kepada korban gempa yang ada di Pasaman Barat dan Pasaman. “Ini komitmen kebersamaan kita, untuk berbagi dengan saudara kita yang sedang tertimpa musibah,” ujarnya.

Selain itu, rangkaian kegiatan lain yang dilakukan AHY juga ada di Kota Bukittinggi, dan melakukan camping di Aua Sarumpun yang ada di Tanahdatar, kuliah umum dengan para generasi muda di Gedung Nasional Maharajo Dirajo Batusangkar sebelum akhirnya nanti akan bertolak ke Kabupaten Solok dan kembali lagi ke Jakarta.

Baca Juga:  Ekonomi Nagari Andaleh Baruh Bukik Menggeliat

Sementara Bupati Tanahdatar Eka Putra  menyampaikan, kabupaten Tanahdatar dengan visi terwujudnya kabupaten Tanahdatar yang madani berlandaskan adat basandi sarak sarak basandi kitabullah, memiliki komitmen dan perhatian yang tinggi terhadap dunia pendidikan dan merumuskannya di dalam misi ke-3, yaitu meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing.

Untuk merealisasikan hal ini, menurut bupati harus diimplementasikan melalui pendidikan formal yang berkelanjutan dan peningkatan kompetensi melalui kegiatan-kegiatan yang membentuk SDM yang berkualitas dan salah satunya melalui pelatihan, seminar, dan kuliah umum seperti yang dilaksanakan.

Lebih lanjut disampaikan Eka Putra, dalam menciptakan SDM yang berkarakter pemerintah telah meluncurkan program unggulan satu rumah satu hafiz/zah. “Kita berharap melalui program ini masyarakat Tanahdatar akan memiliki karakter yang kuat dalam menyongsong Indonesia Emas tahun 2045 nanti,” ujar Eka Putra.

Tidak sampai disitu, Eka Putra juga mengatakan selain program itu Pemkab Tanahdatar juga memiliki program Satu Nagari Eatu Event yang diharapkan mampu meningkatkan ruang kreativitas bagi pemuda, UMKM, klub olahraga, seni, pelestarian budaya dan juga pariwisata nagari.

Pada kesempatan itu juga hadir anggota DPR RI dari fraksi Partai Demokrat Reska Oktoberia, anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Arkadius Dt. Intan Bano, Bupati Tanahdatar periode 2005-2015 Shadiq Pasadigoe, Wakil Bupati Tanahdatar periode 2000-2005 yang juga sebagai ketua MUI Tanahdatar Masnefi, Wakil Bupati sekaligus Bupati Tanahdatar periode 2015-2020 Zuldafri Darma, Forkompimda Tanahdatar, Ketua TP PKK Kabupaten Tanahdatar Ny. Lise Eka Putra, tokoh masyarakat Sumatera Barat Mulyadi.

Sebelumnya, Ketua Overlending Indonesia yang juga sebagai Direktur Eksekutif the Yudhoyono Institute Agus Harimurti Yudhoyono, selama kunjungannya ke Kabupaten Tanahdatar selama dua hari,  selain mengadakankuliah umum juga menggelar camping di Aua Sarumpun yang terletak di Nagari Tigo Koto,  Kecamatan Rambatan.

Di kesempatan itu, AHY juga mengomentari keindahan alam Aur Sarumpun yang ternyata menurutnya sangat indah di pagi hari. “Ternyata puncak Aua Sarumpun itu sangat indah diketinggian dengan pemandangan yang sangat luar biasa terutama hamparan Danau Singkarak yang ada di bawah,” pujinya. (stg)