Remaja 16 Tahun Terlibat Narkoba

21
Tiga pelaku, salah satunya remaja 16 tahun dibekuk petugas Polres Tanahdatar, kemarin (23/9). (IST)

Satuan Reserse (Satres) Narkoba Polres Tanahdatar mengamankan tiga remaja pengedar dan pemakai narkoba Rabu (23/9) sekira pukul 13.00, di Jorong Tabek Patah, Nagari Tabek Patah, Kecamatan Salimpaung. Penangkapan tersebut berhasil setelah petugas menyamar sebagai pembeli.

Masing-masing pelaku yang diamankan di antaranya, RTN, 24, warga Jorong Tabek Patah, RH, 26, warga Jorong Tabek Patah, dan seorang remaja laki-laki berusia 16 tahun, warga Tabek Patah. Bersama ketiga pelaku, petugas berhasil mengamankan, 2 paket ganja kering yang dibungkus dengan kertas koran, uang tunai Rp 200 ribu hasil penjualan ganja dan handpon.

Kasat Reserse Narkoba Polres Tanahdatar AKP Yaddi Purnama, didampingi Kasubag Humas Iptu Desfi Arta mengatakan, penangkapan bermula ketika tim menerima infomasi dari masyarakat bahwa ada remaja laki-laki berusia 16 tahun sering menggunakan dan mengedarkan ganja di rumahnya di Jorong Tabek Patah Nagari Tabek Patah.

“Tim melaksanakan penyelidikan dengan cara undercover buy. Setelah melakukan perjanjian, dan sekira pukul 13.00, tim bertemu ramaja tersebut berdiri di teras rumahnya.

Baca Juga:  BUMNag Marapi Jaya Kelola Wisata Air Terjun

Dengan cepat tim mengamankan terduga pelaku,” jelas Kasat kepada awak media, Rabu sore. Setelah tim melakukan penggeledahan yang disaksikan wali jorong dan beberapa warga lainnya. Hasilnya, tim menemukan paket ganja yang dibungkus kertas koran dan disimpan di dalam saku celana sebelah kanan depan.

“Selain itu, tim juga menggeladah rumah terduga dan menemukan satu paket ganja dibungkus dengan kertas koran yang diletakkan di dalam lemari,” jelasnya. Pengakuan pelaku, ia mendapatkan barang haram tersebut dengan cara membeli kepada RH, 26, melalui perantara RTN, 24.

“Setelah informasi kita himpun, tim langsung melakukan penangkapan terhadap kedua pelaku yang saat itu tengah berada di rumah RH, 26,” tukasnya.

Pelaku dijerat UU Nomor 35 Tahun 2009 Pasal 114 ayat (1), 111 ayat (1), dan Pasal 132 ayat (1), dengan ancaman hukuman lima hingga 20 tahun kurungan. Sedangkan untuk remaja laki-laki dikenakan pasal sesuai hukum yang berlaku. (stg)