Nagari Panyalaian Berikan Penghargaan pada Kapolsek dan Danramil 05

81

Sukses menjadi yang pertama di Kabupaten Tanahdatar dalam antusiasme vaksinasi Covid-19, Nagari Panyalaian berikan penghargaan terhadap Kapolsek X Koto, Danramil 05 dan Kepala UPT Puskesmas X Koto II, serta peserta vaksinasi tertua dan termuda.

Wali Nagari Panyalaian, Roni Dt Panduko Sirajo menyebut penghargaan tersebut diberikan terhadap tiga pejabat terkait atas peran aktif dalam memberikan edukasi bagi masyarakat. Sedangkan bagi peserta tertua dan termuda, sebagai bentuk apresiasi selaku motivator dalam mengikuti program vaksin Covid 19.

“Meski sosialisasi dari berbagai pihak telah intens dilakukan sejak April 2020 lalu, tetap saja sangat sulit mengajak masyarakat untuk mengikuti vaksinasi. Beruntung kemitraan dengan Polsek dan Koramil sangat baik, pelaksanaan vaksinasi perdana 5 Juli lalu sukses dengan antusias peserta di luar dugaan,” ujar Roni.

Kapolsek X Koto, Iptu Hendra mengaku mengapresiasi semangat jajaran perangkat Nagari Panyalaian dalam menyukseskan program vaksinasi Covid-19. Hal ini mengingat begitu sulitnya menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menerima vaksin Covid-19.

“Seluruh komponen pemerintahan, termasuk Polri, mengalami kesulitan mengajak masyarakat untuk mengikuti vaksinasi. Namun di luar dugaan, perangkat Nagari Panyalaian mampu menerobos kesulitan itu berkat koordinasi hingga ke tingkat jorong dengan polri serta TNI,” tutur Hendra.

Baca Juga:  Percepat Vaksinasi Masyarakat Penerima Bansos

Hal yang sama juga diungkapkan Kepala UPT Puskesmas X Koto II, dr Andrea Rivaldo mengatakan Nagari Panyalaian sukses menjadi nagari pertama di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanahdatar yang sukses dalam mendorong antusiasme vaksinasi masyarakat.

“Di tengah sulit membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksinasi Covid-19, antusiasme masyarakat Nagari Panyalaian justeru membeludak pada kegiatan perdana di awal Juli lalu,” beber Andrea.

Pada kesempatan itu, penghargaan diberikan terhadap Kapolsek Iptu Hendra, PlH Danramil Serma Yasril, Kepala UPT Puskesmas II X Koto dr Andrea Rivaldo, peserta vaksinasi tertua Gusmal Dt Tumarakan Dihilia, 73, dan peserta termuda Ariel Firmansyah, 13. (wrd)