Perguruan Silat Taduang Bangkeh Batipuh, Aktif dan Berprestasi

21
Wali Nagari Batipuah Baruah Mulyadi Bj dan Ketua IPSI Kecamatan Batipuh Datuk Malano Khatib dan Ketua Perguruan dan anak perguruan Silat Taduang Bangkeh Batipuh.

Wali Nagari Batipuah Baruah, Kabupaten Tanahdatar, Mulyadi Bj mengaspresiasi aktivitas dan prestasi perguruan silat Taduang Bangkeh Batipuh di Jorong Ladang Laweh, Nagari Batipuah Baruah, Kecamatan Batipuh.

Hal itu diungkapkan Mulyadi BJ dalam acara silaturahmi perguruan silat Taduang Bangkeh dengan pemerintah nagari Batipuh dan juga dihadiri Ketua IPSI Kecamatan Batipuh Dt Malano Khatib. Hadir pengurus silat Taduang Bangkeh dan sekitar 60 murid perguruan silat Taduang Bangkeh yang tersebar di beberapa nagari, bersama pelatih Ilham M Dhani, Sabtu (26/3).

“Saya baru menjadi wali nagari, dan tentunya senang melihat banyaknya anak-anak yang ikut latihan silat. Itu menunjukkan bahwa perguruan silat Taduang Bangkeh mampu berkontribusi mengembangkan dan melestarikan nilai budaya yang kita miliki,” ujar Mulyadi Bj.

Wali Nagari Batipuh berharap anak-anak silat berlatih dengan tekun, sehingga mampu meraih prestasi. Apalagi berbagai sarana penunjang telah disediakan oleh pengurus perguruan silat Taduang Bangkeh,” ujarnya.

Ia siap mendukung kegiatan perguruan silat Taduang Bangkeh yang selalu ikut berbagai iven kejuaraan tingkat Sumbar, Regional dan Nasional. Bahkan juga sudah pernah diundang ke Kelantan, Malaysia.

Baca Juga:  Andre Rosiade Bagikan Ribuan Paket Sembako di Tanahdatar

Ketua IPSI Batipuh Dt Malano Khatib juga mengapresiasi. Perguruan silat Taduang Bangkeh tetap aktif mendidik putra-putri Batipuh dan mengikuti berbagai iven kejuaraan silat. “Saya lihat semua itu tidak lepas dari komitmen pengurus. Hasilnya juga kita lihat, prestasi pernah juara 2 tingkat Sumatera, Juara 3 tingkat Nasional. Itu bukti keseriusan mendidik dan membina anak-anak perguruan,” ujar Dt Malano.

Ketua Perguruan Silat Taduang Bangkeh Batipuh, Mustafa Akmal dt Sidi Ali menyampaikan terima kasih kepada wali nagari dan Ketua IPSI Batipuh yang telah hadir dalam acara silaturahmi dengan anak perguruan.

“Silaturahmi ini intinya memperkenalkan perguruan silat Taduang Bangkeh kepada wali nagari Batipuah Baruah. Perguruan ini berdiri sejak tahun 2013 dan dibina oleh keluarga besar Yayasan Abdul Rahman Batipuh,” ujar Mustafa. (mal)