Salimpaung Berpotensi Jadi Nagari Digital

8
EDUKASI: Suasana pengabdian masyarakat UNP di Nagari Salimpaung, Kecamatan Salimpaung, Tanahdatar, baru-baru ini.(IST)

Era industri 4.0 pada saat ini menghadapkan seluruh masyarakat pada situasi votalitas, ketidakpastian, kompleksitas dan ambiguitas (VUCA).

Pemanfaat teknologi informasi dan komunikasi (TIK) khususnya digitalisasi, dapat menjadi sebuah solusi menghadapi era indutri 4.0. Pemerintah sendiri mendorong desa-desa bertransfromasi dari desa analog (manual) ke desa digital guna mendongkrak daya saing.

Merujuk inilah tim pengabdian masyarakat UNP terdiri dari Rahmadhona Fitri Helmi, Yulia Hanoselina, dan Pratiwi Nurhabibi, serta dua orang mahasiswa UNP melakukan kegiatan bertajuk “Pelatihan Pengelolaan Website dalam Rangka Mewujudkan Nagari Digital”.

Tim memberikan pemahaman dan skill terkait nagari digital di Nagari Salimpaung, Kecamatan Salimpaung, Tanahdatar.

Rahmadhona Fitri Helmi selaku ketua tim pengabdian memaparkan, Salimpaung memiliki potensi sangat bagus untuk bisa mewujudkan terciptanya nagari digital.

Hal ini didukung oleh letak gegrafis Salimpaung yang mampu mengakses jaringan internet dengan baik dan kapabilitas yang dimiliki perangkat nagari, serta dukungan masyarakat nagari yang saling bekerja sama demi kemajuan nagari.

Kegiatan ini dihadiri dua narasumber masing-masing Seknag Tj Haro Sikabukabu Padangpanjang, Herry Wanda swsi pertama dan dosen Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Unand Annisa Anindya sesi kedua.

Baca Juga:  Bajak Gratis

Herry yang juga Sekjen Open Desa di Sekretariat Nasional Open Desa mengatakan bahwa pemanfaatan Sistem Informasi Desa (SID) dan website nagari yang optimal dapat membantu percepatan terwujudnya nagari digital.

“Pelayanan administrasi kepada masyarakat jauh lebih ringkas dan cepat, karena dokumen-dokumen dapat terarsipkan dengan baik ke dalam Sistem Informasi Nagari (Siana),” kata dia.

Sedangkan Annisa Anindya memberikan tips bagaimana cara mempromosikan potensi dan iven Nagari Salimpaung. “Potensi nagari dapat dipromosikan melalui berita yang dimuat pada laman website nagari. Makanya, berita pada website nagari perlu dikemas dengan menarik dan sesuai kaidah jurnalistik”, ujarnya.

Acara ditutup Wali Nagari Salimpaung, Marjohan. Beliau mengungkapkan harapannya kepada tim pengabdian UNP untuk terus mendampingi Salimpaung guna mewujudkan nagari digital. (cr4)