Disdukcapil Datangi Lansia Perekaman E-KTP

12
LAYANAN: Petugas Dukcapil jemput bola berikan layanan E-KTP bagi warga uzur, sakit, dan lansia yang berdomisili jauh dari pusat kabupaten.(IST)

Untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tanahdatar melakukan upaya jemput bola.

Upaya itu salah satu mendukung program unggulan (progul) Tanahdatar, khususnya peningkatan pelayanan administrasi kependudukan dan pelayanan perizinan di wilayah yang jauh dari ibukota.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) membentuk Tim Reaksi Cepat Perekaman dan Pencetakan KTP-Elektronik (KTP-El) dan langsung melakukan jemput bola ke rumah-rumah warga yang berdomisili jauh dari pusat Batusangkar.

“Tim melakukan jemput bola perekaman dan pencetakan e-KTP langsung ke rumah-rumah penduduk berkebutuhan khusus, lansia, dan memiliki masalah kesehatan seperti terbaring sakit, uzur, keterbelakangan mental dan lainnya,” kata Kepala Dinas Dukcapil Armen Yudi, Jumat (26/11) di ruang kerjanya.

Armen menambahkan, Bupati Tanahdatar telah terbitkan Surat Edaran Nomor : 470/487/Dukcapil-2021 tentang Sistem Administrasi Kependudukan Kabupaten Tanahdatar tertanggal 22 November 2021.

”Dalam SE tersebut ada 5 poin utama, dimana poin utamanya yakni Pelayanan secara online melalui aplikasi oase dukcapil dan WhatsApp, pelayanan offline atau langsung ke dinas, kemudian bagi masyarakat yang tidak bisa akses aplikasi, dibantu petugas registrasi nagari,” ujarnya.

Dikatakan Armen, dokumen kependudukan merupakan salah satu hak seluruh penduduk dan warga negara yang bersifat universal tanpa kecuali.

Baca Juga:  Revitalisasi Lapangan Cindua Mato Disorot 

“Akibat keterbatasan fisik maupun mental, masih banyak penduduk yang tidak dapat datang ke lokasi perekaman e-KTP di Dinas Dukcapil dan kecamatan terdekat sehingga mereka tidak memperoleh dokumen kependudukan semestinya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Dinas Dukcapil Kartoni menambahkan, kegiatan tim sempat terhenti akibat pandemi Covid-19, namun semenjak Agustus 2021 sudah kembali dilaksanakan dan menyisir beberapa kecamatan di Tanahdatar.

“Tim reaksi cepat ini telah menjemput bola ke Kecamatan X Koto, Batipuh, Limakaum, Tanjungemas, Sungayang, Sungaitarab, Salimpaung dan Tanjungbaru dan telah mencetak 95 e-KTP dan akan menyasar seluruh kecamatan di Tanahdatar,” tukasnya.

Terakhir, Kartoni mengimbau masyarakat yang belum memiliki dan melakukan perekaman e-KTP dan tidak bisa datang ke lokasi perekaman e-KTP karena sakit atau berkebutuhan khusus, dapat menghubungi wali jorong dan petugas registrasi nagari masing-masing.

“Bagi yang belum memiliki dan melakukan perekaman e-KTP bisa ke wali jorong ataupun registrasi nagari ataupun bisa menghubungi Dinas Dukcapil  dengan menyebutkan nama dan lokasi rumah penduduk tersebut untuk dikoordinasikan dengan wali nagari dan kepala jorong,” pungkas Kartoni. (stg)