Unand Berharap Mahyeldi-Audy Bisa Kembalikan Kejayaan Sumbar

Sivitas dan alumni Universitas Andalas (Unand) berharap pasangan Gubernur Mahyeldi dan Wakil Gubernur Audy Joinaldy, bisa mengembalikan marwah Sumbar sebagai pusat pendidikan di Sumatera.

Hal itu menjadi satu di antara masukan yang diberikan Rektor Unand bersama sejumlah perwakilan alumni kepada Mahyeldi, saat menggelar pertemuan di Convention Hall Unand, Selasa (9/3/2021) malam.

Beberapa masukan, di antaranya disampaikan mantan Rektor Prof. Musliar Kasim yang menginginkan agar Unand dilibatkan dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sesuai dengan kepakaran yang ada.

Selain itu Musliar juga berharap Sumbar menjadi lumbung beras nasional dan swasembada daging dengan cara memberi insentif produksi.

“Di Malaysia diberi insentif produksi. Jika produksi petani melebihi rata-rata nasional diberi insentif per-tonnya dari kelebihan tersebut. Insentif produksi jauh lebih baik dari insetif untuk berproduksi,” kata Musliar.

Mantan Rektor Unand Prof. Tafdil Husni bicara bagaimana meningkatkan kembali kualitas pendidikan di Sumbar dan mengembalikan marwah Sumbar sebagai pusat pendidikan di Sumatera.

“Perlu dukungan pemerintah provinsi untuk memberi bantuan beasiswa doktoral dalam rangka meningkatkan kualitas perguruan tinggi,” ujar Tafdil.

Baca Juga:  Bung Hatta Launching Entrepreneurship Award V LLDIKTI Wilayah X

Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Defriman menyatakan kesiapan membantu kabupaten dan kota dalam meningkatkan indeks pembangunan kesehatan masyarakat.

Sedangkan Prof. Nusirwan menginginkan adanya standardisasi yang baik untuk sekolah menengah kejuruan (SMK).

Sementara itu Shadiq Pasadique dan Prof Dedi mengharapkan adanya pergub mengenai proses produksi dan pemanfaatan lahan-lahan telantar menjadi lahan-lahan produktif. (rel)

Previous article30 Mahasiswa Terima Beasiswa Program SKSS
Next article80 Personel Polres Dharmasraya Ikuti Vaksinasi