Vaksinasi Disambut Antusias Warga

Petugas Puskesmas Rawang melakukan vaksinasi Covid-19 kepada seorang pelayan publik, kemarin. (Sonya-Padang Ekspres)

Meski sempat menuai prokontra, namun dalam pelaksanaannya program vaksinasi relatif berjalan lancar. Termasuk di Padang. Contohnya, pemberian vaksin untuk lansia dan pelayan publik di Puskesmas Rawang yang disambut antusias warga. Sebanyak 344 orang lansia dan pelayan publik melakukan vaksinasi Covid-19 di puskesmas tersebut kemarin (1/3).

Pantauan Padang Ekspres di lapangan kegiatan vaksinasi ini disambut antusias oleh masyarakat. Buktinya, sejak dimulai pada Minggu (28/2) kemarin, jumlah pasien yang divaksin sudah sebanyak 7 persen dari jumlah orang yang ditargetkan sebanyak 5.000 orang.

Kepala Puskesmas Rawang, Viona Putria kepada Padang Ekspres mengatakan, vaksinasi terhadap lansia dan pelayan publik ini dikarenakan kedua golongan masyarakat tersebut paling mudah untuk terpapar Covid-19.

Terutama bagi pelayan publik yang diharuskan untuk berkontak langsung dengan masyarakat secara umum. “Salah satu pelayan publik yang pertama kali divaksin di Puskesmas Rawang ini adalah anggota DPRD Kota Padang, Iswanto Kwara. Beliau anggota DPRD yang pertama yang mendapat vaksin,” katanya.

Sejauh ini, sambungnya, belum ada kendala dalam pemberian vaksin. “Sejauh ini tidak ada kendala yang ditemui dan kami tetap berusaha menjalankan protokol kesehatan (prokes) ini dengan baik,” tuturnya.

Sebagai garda terdepan, pihaknya terus melakukan sosialisasi vaksinasi ini dengan berbagai cara kepada masyarakat. Adapun yang paling efektif yaitu pemberian edukasi kepada interseptor terlebih dahulu.

Interseptor tersebut yaitu setiap anggota kelurahan, kecamatan, hingga kader-kader di RT dan RW di Kota Padang. Selanjutnya, setiap interseptor tersebut bertanggung jawab memberikan informasi kepada masyarakat di lingkungannya masing-masing.

Baca Juga:  Wako: Sebagai Barometer Sumbar, Padang Harus Superior

Puskesmas Rawang memiliki tiga wilayah cakupan, yaitu Kelurahan Rawang, Mataair dan Teluk Bayur. Vaksinasi untuk lansia dan pelayan publik tersebut akan dilakukan hingga bulan April. Sedangkan untuk masyarakat umum akan diefektifkan hingga akhir tahun 2021 ini. Hal itu serentak dilakukan oleh seluruh puskesmas di Kota Padang.

Untuk tahapan vaksinasi yaitu setiap orang yang akan melakukan vaksinasi terlebih dahulu melakukan proses screening, seperti pengecekan tekanan darah dan interview ringan seputar alergi dan penyakit bawaan.

Setelah pasien dikategorikan layak menerima vaksin, pasien akan diberikan vaksin dengan dosis 0,1 ml di bahu sebelah kiri. Selanjutnya, pasien yang telah menerima vaksin akan melakukan tindakan observasi. Di mana pasien akan diberikan pelayanan khusus untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Adapun jumlah vaksinator di Puskesmas Rawang yaitu sebanyak 20 orang yang terbagi menjadi 4 tim. Semua petugas tersebut juga menjalankan prokes dan APD dengan baik dan cermat.

Terpisah, anggota DPRD Kota Padang, Iswanto Kwara menyambut kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi lansia dan aparat pelayan publik di Kota Padang. Untuk itu, Iswanto Kwara mengajak masyarakat agar melakukan vaksinasi untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, khususnya di Kota Padang. “Vaksinasi Covid-19 tidak sakit, karena itu harus kita dukung agar kita bisa terbebas dari Covid-19,” tambahnya. (cr1)

Previous articlePencurian di Kantor Pemerintahan Kambuh Lagi
Next articlePencurian Kabel Telkom Digagalkan, Satu Pelaku Diamankan