Solsel Mulai Salurkan BLT Dana Desa

Kabupaten Solok Selatan mulai menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa/nagari kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 di Nagari Pasar Muaralabuh, Kecamatan Sungai Pagu.

Penyaluran dilakukan di halaman kantor wali nagari dengan menerapkan protokol kesehatan, seperti pakai masker dan jaga jarak.

“Kami sudah mulai menyalurkan bantuan langsung tunai dari dana desa/nagari untuk 144 kepala keluarga (KK) yang terdampak,” ujar Pj Wali Nagari Pasar Muaralabuh, Efrizal, Jumat (15/5/2020).

Menurut Efrizal, BLT-DD tersebut diberikan selama 3 bulan, terhitung April hingga Juni 2020 dengan jumlah Rp 600.000 per bulan.

“Untuk tahap pertama ini diberikan selama 2 bulan sekaligus, yakni April dan Mei sebesar Rp1,2 juta,” katanya.

Dia berterimakasih kepada berbagai pihak atas terealisasinya BLT-DD di Nagari Pasar Muaralabuh.

“Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak, sehingga nagari Pasar Muaralabuh berhasil memulai penyaluran BLT-DD untuk pertama kalinya di Solsel,” ungkapnya.

Dikatakannya, BLT tersebut dapat disalurkan berkat kerja sama dengan pihak Bank Nagari Cabang Muaralabuh. Penyalurannya tunai. Pihak Bank Nagari menunjuk karyawannya untuk menyerahkan secara langsung  di Kantor Wali Nagari.

Efrizal yang baru beberapa bulan menjabat menambahkan bahwa pihaknya sangat mendukung transparansi penyaluran bantuan dengan menempel daftar nama para penerima bantuan di kantor wali nagari dan tempat strategis lainnya.

Pihaknya juga siap memfasilitasi jika memang nanti ada warganya yang membutuhkan bantuan akibat terdampak Covid-19, namun belum termasuk dalam skema penerima bantuan yang ada.

Warga biaa melaporkan ke dinas sosial untuk mendapatkan bantuan lain yang telah disiapkan Pemkab Solsel.

Saat ini menurutnya baru disalurkan bantuan PKH, Bantuan Pangan Non Tunai, BLT Provinsi, dan BLT-DD. Sedangkan BLT Kemensos dan BLT Kabupaten masih dalam proses pencairan dari pihak terkait.

“Kita juga minta masyarakat bersabar, karena semua bantuan tersebut butuh verifikasi dan juga kehatian-hatian, agar tidak terjadi permasalahan nantinya. Mudah-mudahan bantuan-bantuan tersebut bisa dicairkan sebelum lebaran,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Solsel Armen Syahjohan mengapresiasi Efrizal selaku wali nagari beserta perangkatnya karena telah bertindak cepat dengan menjadi nagari pertama yang menyalurkan bantuan BLT-DD di Solsel.

“Ini ibarat mandi di pincuran. Dengan telah diserahkan/ disalurkannya BLT – DD di Nagari Pasar Muara Labuh hari ini, maka nagari-nagari lain akan mengikuti selanjutnya,” harapnya.

Diharapkannya penyaluran BLT-DD akan membangkitkan roda perekonomian  masyarakat Nagari Pasar Muaralabuh,  khususnya Solsel.

Dari data yang ada, untuk Nagari Pasar Muaralabuh, terdapat total 574 KK yang telah dan akan mendapatkan alokasi bantuan dari berbagai sumber.

Dari Kementerian Sosial sebanyak 57 KK, BLT Provinsi Sumbar 34 KK, BLT Kabupaten Solsel 215 KK, BLT-DD 144 KK ditambah dengan sumber bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) serta Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). (rel/ptr)